Sejarah Mac OS Dan Perkembangannya

Sejarah Mac OS Dan Perkembangannya





Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer. Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. Macintosh Operating System atau sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau
“Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.

Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi iniuntuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh. Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X .

a) Mac OS Klasik
Mac OS “Klasik” adalah sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hinggalah Mac OS 9. Sistem Operasi Macintosh ini pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox”.
Sistem 7.5.1 merupakan sistem pertama yang memasukkan logo Mac OS (muka tersenyum (smiley face) biru). Mac OS 7.6 (yang dikeluarkan pada 1996) merupakan sistem pertama yang dinamakan Mac OS karena bentuknya “klon-klon” Mac, sistem yang hampir sama dengan perusahaan – perusahaan lain seperti Power Computing dan Motorola, dan Apple hendak memberitahu dengan jelas bahwa sistem operasinya merupakan hak milik intelektualnya sendiri. Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai baris perintah (command line); merupakan sistem yang menggunakan antara muka pengguna grafik (IU) sepenuhnya. Mac OS juga merupakan OS yang memperkenalkan Sistem File Hierarki (Hierarchical File System) seperti pada UNIX dan Linux. 

  • 24 Januari 1984

Mac OS pertama dirilis, dengan nama “System 1”. Apple membuat OS ini sebagai satu satunya OS di masa itu sepenuhnya GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain.

  • April 1985

Pada April 1985, Mac OS merilis “System 2”. System 2 hanya dapat menjalankan 1 aplikasi pada satu satuan waktu (non multitasking), walaupun beberapa shell-command seperti Servant, MultiMac ataupun Switcher dapat digunakan bersama dalam batasan tertentu.
System ini menggunakan flat file system yang diberi nama Macintosh File System ( MFS ). Pada System 2, aplikasi AppleTalk telah didukung serta printer LaserWriter telah compatible dengan sistem ini. Pada sistem ini juga harddisk 20 dipekenalkan oleh apple (harddisk dengan kapasitas 20 MB)

  • Januari 1986

“System 3” dirilis. Pada OS ini, file system ala hirarki (seperti diMac OS dan Linux saat ini) diperkenalkan. System 3 diperkenalkan dengan PC Mac plus. Secara resmi menggunakan Dierarcial File System, mendukung disk startup 800KB, mendukung teknologi harddisk SCSI dan appleshare. Selain itu, system 3 merupakan sistem macintosh yang pertama kali menampilkan icon Recycle Bin.

  • Maret 1987

Pada Maret 1987 , Mac OS merilis “System 4”. System 4 pertama kali diperkenalkan dengan PC MAC-II. Versi ini yang pertama kali mendukung slot ekspansi, yang bernama Apple Desktop Bus (ADB), menggunakan HDD internal serta memiliki peningkatan pada kualitas grafik.

  • 1987

Mac OS tidak pernah merilis System 5. Yang dirilis adalah “System Software 5”. System Software 5 dirilis tahun 1987. System Software 5 merupakan system yang pertama kali mendukung konsep multitasking (menggunakan program multifinder) yaitu menjalankan lebih dari 1 aplikasi dalam 1 satuan waktu. Pada versi ini, dukungan pada Printer LaserWriter diperbaharui.

  • Desember 1980

Pada Desember 1980, Mac OS merilis “System 6”. Pada versi ini, system ini telah mengenal konsep disket dengan menggunakan disket 1,44 MB SuperDriver buatan Apple. Versi ini pula yang digunakan pertama kali pada laptop pertama buatan Apple (Macintosh Portable)

  • 13 Mei 1991

“System 7” dirilis. System 7 ini adalah salah satu OS dari Apple yang memiliki masa pakai cukup lama, dari 1991 sampai 1997.

  • Januari 1997

“Mac OS 7.6” dirilis. OS ini adalah Mac pertama yang menggunakan nama Mac di depannya setelah sebelumnya hanya “System” dan angka rilis.

  • 22 Juli 1997

“Mac OS 8” dirilis, cukup singkat antara versi 7.6 dan 8 ini. Di versi ini juga sebagai penanda akan kembalinya Steve Jobs di Apple setelah sebelumnya dia dipecat. Mac OS 8 terjual sebanyak 3 juta kopi dalam enam bulan saja.

  • 23 Oktober 1999

“Mac OS 9” dirilis. Versi Mac OS ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X.

  • Mac OS X

Mac OS X (huruf “X” itu disebut sepuluh, yaitu huruf romawi) yang lebih baru. Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac. Pengurusan memori yang jauh lebih baik dapt lebih banyak pengisian secara bersamaan dan menutup kemungkinan sesuatu pengisian menghentikan pengisian lainnya. Mac OS X didasarkan atas kernel Mach. Beberapa bagian dari FreeBSD ‟s dan NetBSD‟ s pelaksanaan Unix dimasukkan dalam NeXTSTEP, inti dari Mac OS X. NeXTSTEP adalah sistem operasi berorientasi objek yang dikembangkan oleh Steve Jobs pada perusahaan NeXT setelah ia meninggalkan Apple di tahun 1985.

Sementara Jobs dari Apple, Apple berusaha untuk menciptakan “next generation” OS melalui Taligent, Copland dan Gershwin proyek, dengan sedikit keberhasilan. Akhirnya, NeXT‟s OS-kemudian disebut OPENSTEP-telah dipilih untuk menjadi dasar untuk Apple OS berikutnya, dan Apple membeli NeXT langsung. Steve Jobs kembali ke Apple sebagai CEO sementara, dan kemudian menjadi CEO lagi, menggiring transformasi para programmer ramah OPENSTEP ke dalam sebuah sistem yang akan diadopsi oleh Apple pasar utama rumah pengguna dan profesional kreatif. Proyek ini pertama kali dikenal sebagai Rhapsody dan kemudian diganti namanya menjadi Mac OS X. Mac OS X Server 1.x, tidak sesuai dengan perangkat lunak yang dirancang untuk Mac OS asli dan tidak memiliki dukungan untuk Apple sendiri interface IEEE 1394 (FireWire). Mac OS X 10.x included more backward compatibility and functionality by including the Carbon API as well as FireWire support. Mac OS X 10.x melibatkan lebih kompatibilitas dan fungsionalitas dengan memasukkan Karbon API serta dukungan FireWire. Sebagai sistem operasi berkembang, itu menjauh dari warisan Mac OS untuk penekanan pada baru “gaya hidup digital” aplikasi seperti iLife suite, meningkatkan aplikasi bisnis (iWork), dan hiburan rumah terpadu (di Front Row media center).

Tanpa peringatan khusus, sistem operasi Mac OS X buatan Apple yang dikenal punya kemampuan grafis sangat baik telah berusia satu dekade. Debutnya secara formal baru dilakukan pada 24 Maret 2001 dan sejak saat itu telah keluar beberapa versi dengan nama kode yang khas yakni bermacam jenis kucing besar. Dalam sepuluh tahun sudah tujuh versi dirilis dan satu direncanakan akhir tahun ini. Masing-masing Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Kelompok 2 [ Kelas D ] ~| MAC OS leopard, Snow leopard, dan Lion. Awalnya nama kode tersebut hanya digunakan untuk kepentingan internal, namun justru menjadi sebutan yang akrab bagi para pecinta Mac.

Berikut ini adalah perkembangan Mac OS X:

  • Mac OS X Cheetah

CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook.

  • Mac OS X 10.1 Puma

Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara MacWorld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.

  • Mac OS X 10.2 Jaguar

Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia dipasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dalam seminggu pertama, terjual 100.000 copy. Ada dua paket yang tersedia seharga 129 dollar AS dan paket
keluarga untuk lima orang hanya 199 dollar AS.

  • Mac OS X 10.3 Panther

Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk videokonferensi. Tersedia pula versi Mac OS X Server 10.3. Harganya 129 dollar AS sedangkan Kelompok 2 [ Kelas D ] ~| MAC OS untuk server 499 dollar AS untuk 10 klien dan 999 dollar AS untuk jumlah klien tak terbatas.

  • Mac OS X 10.4 Tiger

Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.

  • Mac OS X Leopard

Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine.

  • Mac OS X 10.6 Snow Leopard

Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin perbaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.

  • Mac OS X 10.7 Lion

Generasi terbaru yang diberi nama Lion direncanakan akan dirilis akhir tahun ini. Namun, Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MAC OS

Kelebihan Mac OS
Multitasking
Bisa mengenal file format windows
Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia
Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya.
Ada „Time Machine‟ yang akan bekerja secara otomatis pada background untuk membackup data-data pengguna agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.
Lebih stabil
Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya.
Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari.
Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS
Harganya Mahal
Lebih cocok untuk graphic designer
Mac OS bisa digunakan bersama-sama sistem operasi lain tapi membutuhkan program tambahan ( parallels dekstop )
Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
Software di Mac OS tidak begitu lengkap
Kurang cocok untuk aplikasi gaming

2 Responses to "Sejarah Mac OS Dan Perkembangannya"

  1. Bolavita Agen Resmi Taruhan Online Indonesia.
    Kunjungi Website Kami BOLAVITA Sekarang Juga.

    Menyediakan Banyak Permainan Online Yang Sangat Disukai Dikalangan Player Di Indonesia. Diantaranya :
    - Sabung Ayam
    - Casino
    - Bolatangkas
    - Taruhan Bola / Sportsbook
    - Poker, Kiu-Kiu, Ceme
    - Tembak ikan
    - Slot Game
    - Togel online SGP / HK / KL

    Link: https://bolavita.siterubix.com

    ---

    Bonus Deposit 10% Setiap Hari ! *Untuk Sportsbook !

    Bonus Cashback s/d 10% setiap minggu !

    Bonus Rollingan Casino s/d 0.7% setiap minggu !

    Bonus Refferal 7% + 2% Seumur Hidup !

    Bonus Bagi" Hadiah Setiap Bulan Berupa Handphone, Speaker JBL, Headsheet , SmartWatch !

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak CS Kami (Online 24jam)
    WA: +6281377055002
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus
  2. The King Casino | Ventureberg
    Discover the rise worrione and fall of ventureberg.com/ the king casino, one https://access777.com/ of the https://sol.edu.kg/ world's largest The Casino poormansguidetocasinogambling.com is operated by the King Casino Group. You can

    BalasHapus